Aplikasi Komputer
Perkembangan komputer sampai saat ini sangat pesat, sebelum mengenal
komputer seperti saat ini, 5000 tahun yang lalu di Asia kecil orang menemukan
alat yang disebut Abacus dan dianggap sebagai awal mula komputer. Pada tahun
1642, Blaise Pascal menemukan kalkulator roda nomerik untuk membantu ayahnya
melakukan perhitungan pajak. Tetapi alat ini memiliki kelemahan, yaitu hanya
sebatas melakukan penjumlahan. Komputer sendiri di artikan Hamacher sebagai
mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima input digital
kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan
menghasilkan output berupa informasi. Menurut Nasotion(2001), komputer dibagi
menjadi beberapa generasi. Yaitu generasi pertama (1953-1958), generasi
kedua(1958-1966), generasi ketiga (1966-74), generasi keempat (1974-1982), dan
generasi kelima (1982-sekarang). Dengan perkembangannya yang semakin canggih,
maka sampai saat ini banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan.
Salah satu manfaat komputer adalah dalam bisnis dan
perbankan, bidang pendidikan, industri dan manufaktur, teknik dan ilmu
pengetahuan, penerbangan dan kemiliteran. Misalnya dalam bidang pendidikan
dimana dengan pemanfaatan multimedia komputer, proses pembelajaran lebih
bermakna, karena mampu menampilkan teks, warna, suara, video, gerak, gambar
serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif.
Teknologi jaringan komputer
merupakan solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi fix-point to point dan
biaya, serta menjadi model fleksibel multi point to multi point. Pesatnya
perkembangan dunia jaringan komputer akhir-akhir ini, memicu berkembangnya
teknologi baru yang memanfaatkan teknologi jaringan kompter sebagai media untuk
mewujudkan impian manusia akan sebuah aplikasi.
SEJARAH
PERKEMBANGAN KOMPUTER
A. SEJARAH
KOMPUTER
1.
Komputer Generasi Pertama
(1946-1959)
Generasi
pertama dari komputer, ditandai dengan diketemukannya tabung hampa udara
sebagai alat penguat sinyal.Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal,
merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara
(vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri
dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah
menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang
berfungsi sebagai pendingin.
Dan
dengan adanya komponen tambahan, akhirnya komputer yang ada menjadi besar,
berat dan mahal. Pada tahun 1946, komputer elektronik didunia yang pertama
yakni ENIAC selesai dibuat. Pada komputer tersebut terdapat 18.800 tabung hampa
udara dan berbobot 30 ton. begitu besar ukurannya, sampai-sampai memerlukan
suatu ruangan kelas tersendiri.
Pada
gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama
didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M.
Ciri-ciri
komputer generasi pertama adalah:
-
Program dibuat
dalam bahasa mesin,
-
Menggunakan
konsep storage program,
-
Komponen yang
digunakan adalah tabung hampa udara,
-
Ukuran fisiknya
besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
-
Dapat disimpan
pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya,
komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran
besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.
Tabung
hampa udara
|
2.
Komputer Generasi Kedua (1959-1965)
Transistor merupakan ciri khas
komputer generasi kedua. Transistor merupakan singkatan dari Transfer
Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga
lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan berikutnya dapat pula
dipengaruhi. Dengan demikian, fungsi transistor adalah sebagai penguat sinyal.
Sebagai komponen padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan seperti misalnya:
tidak mudah pecah, tidak menyalurkan panas. dan dengan demikian, komputer yang
ada menjadi lebih kecil dan lebih murah.
Ciri-ciri komputer generasi kedua antara
lain:
-
Kapasitas
memori utama cukup besar,
-
Komponen yang
digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa
udara,
-
Menggunakan magnetic
tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk,
-
Mempunyai
kemampuan proses real-time dan time sharing,
-
Proses
operasinya lebih cepat,
-
Orientasinya
pada aplikasi bisnis dan teknik.
3.
Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu
orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya
berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yag
mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang
disebut sebagai Integrated Circuit
atau IC-Chip yang merupakan ciri
khas komputer generasi ketiga.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga
antara lain:
§ Komponen yang
dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau
ribuan transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic
intgrated circuits,
§ Proses
operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh
lebih besar,
§ Ukuran fisik
jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
§ Menggunakan magnetic
disk yang sifatnya random access,
§ Dapat melakukan
multiprocessing dan multiprogramming,
§ Alat input-output
mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display terminal, serta
§ Dapat melakukan
komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.
Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA, CDC
3000, PDP-11, dan lain sebagainya
4.
Komputer Generasi Keempat (sejak
tahun 1970)
Pada generasi ini ditandai dengan
munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan IC
kedalam sebuah Chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan
persegi empat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu integreted circuits). LSI
kemudian dikembangakan dalam VLSI (Very Large Scale Integration).
Sejak tahun 1970, dunia komputer
mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
·
Penggunaan LSI
(Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large
Scale Integration, serta
·
Menggunakan
mikroprosesor dan semi konductor yang berbentuk chip untuk memori
komputer
Contohnya, komputer IBM 370
menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun
1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip
mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun
1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox
Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window
dan mouse.
5.
Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima kini sedang
dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale
Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang
diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip. Negara yang mempelopori
perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan
pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah
sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence)
MENGENAL
PERANGKAT KOMPUTER
Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan
komunikasi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer tidak
hanya berperan dalam bidang pengetikan atau penghitungan, namun telah merambah
ke berbagai
bidang lainnya, termasuk bidang komunikasi. Bidang
pendidikan, ekonomi dan bisnis, militer, seni, hiburan, jaringan telekomunikasi
dan lain-lain telah memanfaatkan kemampuan komputer untuk membantu memecahkan
masalah. Dalam bidang pendidikan, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media
penunjang pembelajaran, alat analisis, dan hal-hal yang terkait dengan kegiatan
akademik. Pemanfaatan komputer dalam bidang ekonomi dan bisnis dapat kita lihat
melalui berbagai sektor usaha yang sekarang hampir seluruhnya terkomputerisasi.
Pengenalan komputer bertujuan agar user
atau pengguna komputer dapat menggunakan atau mengoperasikan komputer
sesuai dengan prosedur. Prosedur itu dimulai dari merangkai, mengaktifkan,
hingga mematikan komputer. Dengan demikian, pengguna komputer dapat bekerja
secara efektif dan sistem komputer yang digunakan pun terawat secara optimal.
Dalam bab ini, Anda akan mengenal perangkat-perangkat penting komputer, cara
mengaktifkan dan mematikan komputer, serta cara menjalankan dan mengakhiri
beberapa program aplikasi.
A.
PERANGKAT
KERAS KOMPUTER
1.
Alat Input
Alat input
atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukan data ke
komputer.
a.
Keyboard
Keyboard
adalah perangkat input berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol
huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Keyboard
merupakan alat input utama dalam sistem komputer karena hampir semua instruksi
komputer dapat kita inputkan melalui keyboard. Ada dua jenis computer, yaitu
keyboard QWERTY dan computer DEVORAK. Tetapi keyboard yang paling sering ita
lihat adalah keyboard QWERTY.
b.
Mouse
Mouse sangat
penting peranannya dalam sistem komputer yang berbasis GUI (Graphical User
Interface), antarmuka yang terdapat pada sebagian besar komputer masa kini.
Mouse digunakan sebagai alat untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada
menu-menu yang tampak pada layar monitor. Alat ini memiliki dua tombol klik dan
satu tombol scroll. Tombol kiri biasanya digunakan sebagai tombol perintah,
sedangkan tombol kanandigunakan sebagai tombol shortcut.
c.
Joystick
Joystick
digunakan untuk memasukkan perintah pada saat kita menjalankan game komputer.
d.
Track Ball
Trackball
memiliki fungsi sama seperti joystick, yaitu untuk memasukkan perintah pada
saat kita memainkan game komputer.
e.
Scanner
Scanner
adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto,
atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.
f .
Microfon
Mikrofon
berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer. Alat ini
harus kita hubungkan ke kartu suara (soundcard) agar dapat menerima input
berupa suara.
g.
Touch screen
Touch screen
atau layar sentuh adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data
maupun instruksi ke komputer melalui sentuhan.
h.
Camera video
Kamera video
atau sering disebut camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga
menjadi file video atau film.
i.
Camera Foto
Sebagian besar kamera foto yang beredar saat ini merupakan kamera digital.
Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena tidak menggunakan kertas
film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya tanpa perlu takut
gagal karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus. Di samping itu, file
foto digital lebih mudah dipindah dan diolah menggunakan komputer.
2.
Alat
Process
Proses kerja
komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja
komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari
sejumah komponen. Di bawah ini adalah alat-alat proses yang digunakan oleh
komputer untuk mengolah data.
a.
Processor
Processor
adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital. Prosessor sering
dijuluki otak komputer. Perkembangan komputer tidak terlepas dari perkembangan
prosessor dari tahun ke tahun.
b.
RAM (Random Access Memory)
RAM adalah
sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika tanpa Ada
beberapa tipe RAM yang digunakan dalam sistem komputer modern, yaitu SRAM (Static
RAM), DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan DDR
RAM (Double Data Rate RAM). Kapasitas memori bervariasi, mulai dari 512
MB, 1 GB, 2 GB hingga 4GB.
c.
Main Board
Mainboard
merupakan papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen komputer
seperti prosessor, RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard tidak secara
langsung tergolong sebagai alat proses, namun keberadaannya sangat penting
dalam komputer. Fungsi mainboard antara lain mengorganisasikan, mengatur dan
menentukan alat yang terpasang pada komputer. Chipset dan program BIOS yang
terdapat pada mainboard berfungsi untuk mengatur dan mengkomunkasikan data
maupun informasi yang diproses di komputer.
d.
Kartu VGA (CGA Card)
Kartu VGA
atau VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard
dengan monitor. Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar
kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain
ditentukan oleh monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA. Kartu VGA
dilengkapi dengan memori yang besarnya bervariasi mulai dari 512MB hingga lebih
dari 1GB.
e.
Kartu Suara (Sound Card)
Kartu suara
atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah suara. Alat
ini dapat digunakan sebagai alat input, alat proses atau alat output.
3.
Media Penyimpanan
a.
Harddisk
Harddisk atau harddrive adalah media penyimpanan yang terletak di dalam
kotak CPU. Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di dalamnya
sehingga disebut cakram keras. Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur
IBM, Reynold Johnson, pada 1956. Pada saat itu hardisk terdiri dari 50 piringan
dengan ukuran 0,6 meter, memiliki kecepatan 1.200 rpm (rotation per minutes)
dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta byte). Kapasitas yang terbilang sangat kecil
untuk ukuran saat ini.
b.
CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM
adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada awalnya alat
ini hanya bisa membaca data saja. Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive
dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau DVD. CD-ROM atau DVD-ROM
yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut CD writer atau DVD writer. Secara
fisik antara Cdrom dengan DVDrom sama. Hanya saja kemampuannya yang berbeda.
DVDrom sanggup membaca data cakram cd. Namun sebaliknya Cdrom tidak sanggup
membaca cakram DVD.
c.
Flash Disk
Media
penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya kecil
dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan komputer.
d.
Disket
Disket
merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy).
Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidak banyak lagi
digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
e.
Optical Disk
Optical disk
atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk
cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. Secara
fisik, CD dan DVD sangatlah mirip. Namun kapasitas penyimpanan data keduanya
terpaut jauh. CD hanya mampu menyimpan data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu
menyimpan data hingga 4,7 GB, bahkan 17 GB.
4.
Alat OutPut
Informasi
yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat
output. Beberapa alat output yang banyak digunakan dalam sistem komputer adalah
sebagai berikut.
a.
Monitor
Monitor
adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi menampilkan
perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung. Dewasa ini kita mengenal
dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD
(Liquid Crystal Display). Jumlah warna yang mampu ditayangkan monitor
bervariasi mulai 256 color, 16 bit color (high color) hingga 24 bit color (true
color).
b.
Printer
Printer
adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Hasil
cetakan dapat berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga jenis printer yang
saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan
printer laser.
c.
Poryektor LCD
Proyektor
LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke
bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Alat ini
biasanya digunakan sebagai alat bantu saat presentasi dan rapat maupun sebagai
media pembelajaran. Selain dihubungkan ke komputer, alat ini dapat juga
dihubungkan ke VCD/DVD player sehingga dapat difungsikan sebagai home
theater.
d.
Speaker
Speaker
merupakan alat output audio. Fungsinya mengeluarkan suara dari pengolahan data
audio yang terjadi di dalam komputer.
6.
Pheriperal
a.
Kartu Jaringan (Nework Interface
Card)
NIC atau Network
Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu
komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan
yang menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus
ditambahkan pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.
b.
Modem
Modem
berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet melalui
jalur telepon. Modem yang merupakan singkatan dari modulator demodulator mampu
mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
c.
Hub
Hub atau
disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai
terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang
dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin
banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin banyak pula komputer yang dapat
dihubungkan
d.
UPS
UPS atau
Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga
listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba padam.
B.
JARINGAN
KOMPUTER
Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih
komputer yang saling berhubungan untuk melakukan komunikasi data. Hubungan
antara dua komputer atau lebih tersebut
dapat terjadi melalui media kabel maupun nirkabel (tanpa kabel). Adapun
data yang dikomunikasikan dapat berupa data teks, suara, gambar, atau video.
Manfaat atau keuntungan dibangunnya jaringan komputer adalah:
a) komputer-komputer yang saling terhubung dapat melakukan sharing file maupun
sharing folder, yaitu pemakaian file atau direktori secara bersama-sama.
b) dengan adanya penyimpanan file terpusat (file server), file atau data yang
ada di server dapat saling dibagi
c) memungkinkan pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh multiuser
d) memudahkan kita membackup data (membuat data cadangan)
e) memungkinkan kita untuk mendapatkan data terbaru/terkini secara cepat.
Ada tiga cara untuk mengelompokkan jenis jaringan komputer, yaitu:
a) jaringan komputer berdasarkan area atau luas wilayah
b) jaringan komputer berdasarkan topologi (bentuk) jaringan
c ) jaringan komputer berdasarkan media transmisi.
1.
Jaringan
computer berdasarkan area atau luas wilayah
a.
LAN atau Local Area
Network
jaringan komputer untuk area yang tidak begitu luas. Batasan ukuran luas
LAN adalah satu gedung. Contoh LAN adalah jaringan yang terdapat di
sekolah-sekolah yang menghubungkan komputer milik siswa, komputer milik guru
dan komputer milik bagian administrasi.
Dalam LAN kita dapat workgroup atau kumpulan dari
beberapa komputer atau user yang melakukan sharing resources atau berbagi
sumber daya. Sebagai contoh, workgroup guru terdiri dari user guru1, guru2,
guru3 dan seterusnya, sedangkan workgroup siswa terdiri dari user siswa1,
siswa2 dan seterusnya. Penggunaan workgroup seperti ini akan memudahkan penanganan
atau manajemen jaringan.
Manfaat penggunaan LAN adalah:
· Setiap user dapat melakukan pertukaran
file (sharing file) secara mudah
· setiap user dapat berbagi pakai printer (printer
sharing)
· setiap user dapat menyimpan data secara terpusat
(file server)
·
setiap user dapat saling berkomunikasi menggunakan komputer.
Local Area Network
b.
MAN
(Metropolitan Area Network)
Media
penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya kecil
dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan komputer. Kapasitas
penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai dari ratusan megabyte
hingga beberapa gigabyte. Ukuran yang kecil dan sifatnya yang mudah dibawa
membuat flashdisk menjadi peralatan wajib bagi pengguna komputer yang harus
sering memindahkan data.
Skema
Metropolitan Area Network
c.
WAN (Wide
Area Network)
WAN atau Wide
Area Network adalah jaringan komputer dengan cakupan geografis paling luas
hingga menjangkau pulau lain, negara lain, benua lain, bahkan luar angkasa. WAN
biasanya merupakan kumpulan dari sejumlah LAN dan MAN. Contoh penerapan WAN
adalah jaringan yang dimiliki bank berskala nasional. Bank “A” yang berkantor
pusat di Jakarta memiliki kantor cabang di Surabaya, Makasar, dan Denpasar.
Bank “A” juga membuka cabang di luar negeri yakni di Singapura, Malaysia, dan
Filipina. Di setiap cabang, bank tersebut memiliki kantor sendiri dengan
sejumlah karyawan dan fasilitas lengkap termasuk ATM (Automatic Teller
Machine). Untuk mendapatkan informasi akurat transaksi keuangan dari seluruh
cabang, Bank “A” membuat jaringan komputer yang termasuk dalam kategori WAN.
Skema
Wide area Network
Keuntungan
penggunaan WAN adalah:
a.
komputer
server untuk pusat data dapat dibuat terpusat di satu lokasi
b.
komunikasi
antarkantor cabang dapat dilakukan menggunakan e-mail atau chatting yang lebih
murah biayanya dibanding komunikasi telepon
c.
dokumen
dapat dikirim dalam bentuk surat elektronik sehingga mengurangi biaya dan
kerumitan pengiriman dokumen melalui kantor pos.
2.
Jaringan
computer berdasarkan topologi jaringan (bentuk)
a. Topologi bus atau linier
Topologi bus banyak digunakan untuk jaringan yang ruang lingkupnya kecil.
Jaringan bertopologi bus biasanya menggunakan kabel koaksial berikut
konektornya. Alur kerja jaringan bertopologi bus dapat dijelaskan sebagai
berikut. Sebelum kartu jaringan mengirim data, ia akan terlebih dahulu melihat
kepadatan trafik atau lalu lintas jaringan. Data akan dikirim dalam antrian
jika kondisi trafik kosong. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya
collision atau tabrakan data yang mengakibatkan data tidak sampai ke tujuan.
Topologi bus memiliki kelebihan, yaitu infrastrukturnya sederhana dan hemat
kabel.
Namun topologi bus juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer saja, seluruh semua
jaringan akan mati
b. membutuhkan terminator pada kedua ujung kabel utama
c. jika terjadi kerusakan, sangat sulit menemukan titik kerusakan
d. tidak dapat digunakan untuk jaringan skala besar.
b. Topologi ring (cincin)
Jaringan
dengan topologi ring atau cincin menghubungkan beberapa komputer dimana
ujung-ujung jaringan tersebut dipertemukan kembali sehingga membentuk
lingkaran. Pada topologi ring, ada sebuah komputer yang berfungsi sebagai token
atau kendaraan yang akan mengantarkan data. Token ini akan mengantarkan data
melalui media transmisi hingga sampai tujuan. Dalam topologi ring kemunginkan
terjadinya collision (tumbukan data) dapat dihilangka. Hanya saja biaya untuk
membangun jaringan dengan topologi ini relatif lebih mahal. Selain itu, tingkat
kesulitan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan relatif tinggi.
c. Topologi star (bintang)
Pada
jaringan bertopologi star atau bintang, setiap komputer terkoneksi ke jaringan
melewati sebuah hub atau konsentrator. Semua data akan melewati konsentrator
tersebut sebelum dikirim ke tujuan. Fungsi hub atau konsentrator adalah
mengatur dan mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan. Selain itu hub juga
berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal. Keuntungan menggunakan topologi
star adalah:
a.
infrastrukturnya
relatif mudah dibangun
b.
jika terjadi
kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara keseluruhan
tidak terganggu
c.
kesalahan
atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan
topologi star adalah:
a.
pemakaian
kabel relatif lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus
b.
jika hub
rusak maka seluruh jaringan yang terhubung melewati hub tersebut akan terganggu
c.
biaya
pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.
d. Topologi tree (pohon)
Jaringan dengan topologi tree merupakan paduan jaringan bertopologi bus dan
jaringan bertopologi star. Topologi ini memungkinkan pengembangan jaringan yang
telah ada.
Keuntungan topologi tree ini adalah:
a. instalasi jaringan dari titik ke titik pada masing-masing segmen
b. didukung oleh banyak hardware dan software.
Akan tetapi, topologi tree juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. panjang segmen dibatasi oleh tipe kabel yang digunakan
b. jika jaringan utama rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
c.
sulit dikonfigurasi, termasuk sistem pengkabelannya.
e. Topologi mash (web)
Topologi
mash atau web sering pula disebut topologi jaring. Dinamakan masih karena
setiap komputer akan terhubung ke setiap komputer yang tersambung. Biasanya
model ini hanya diterapkan pada WAN atau Internet (karena itu disebut topologi
web). Keuntungan topologi mash ini adalah memungkinkan komunikasi data melalui
banyak jalur sehingga jika salah satu jalur terputus, masih ada jalur lain
yang dapat digunakan.
3.
Jaringan Komputer berdasarkan Media
Transmisi (Media Penghantar)
Media
transmisi adalah media penghantar data yang dapat berupa kabel atau gelombang
elektromagnet. Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel,
gelombang elektromagnetik (wireless) dan satelit.
a.
Kabel
1.
kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Kabel UTP
merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk membangun jaringan
komputer. Kabel ini memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki 2 serat.
Spesifikasi kabel UTP antara lain memiliki jangkauan data maksimal 100 meter,
dihubungkan dengan konektor RJ45, memiliki beberapa kategori, yaitu kategori 1,
2, 3, 4, dan 5.
2.
kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel STP
memiliki ciri-ciri fisik mirip dengan kabel UTP. Hanya saja kabel ini sangat
sensitif terhadap sinyal radio dan listrik. Kabel STP sering digunakan pada
topologi token ring.
3.
kabel koaksial
Kabel
koaksial adalah kabel yang memiliki satu konduktor tembaga di tengahnya. Lapisan
plastik isolator terletak di antara konduktor dan lapisan pengaman serat besi.
Lapisan serat besi tersebut membantu menutupi gangguan dari lampu listrik,
kendaraan dan komputer. Kabel ini rentan terhadap gangguan sinyal-sinyal
tertentu. Ada dua tipe kabel koaksial, yaitu tipe RG-58 yang mampu menjangkau
jarak 200 meter dan tipe RG-8 yang mampu menjangkau jarak 500 meter.
4.
kabel fiber
optic.
Kabel fiber
optic atau serat optik mempunyai kemampuan mentransmisikan sinyal melewati
jarak yang paling jauh dengan kecepatan paling tinggi. Jangkauan kabel serat
optik dapat mencapai 2000 meter.
b.
Wireless
Jaringan
wireless atau sering disebut WLAN (Wireless Local Area Network) adalah jaringan
komputer yang menggunakan gelombang radio, sinar inframerah (IR) atau sinar
laser sebagai medium. Karena tidak memerlukan kabel, jaringan wireless
sangatlah praktis digunakan.
Sinar
inframerah banyak digunakan untuk komunikasi tanpa kabel jarak dekat. Sistem
yang menggunakan sinar inframerah mudah dibuat dan relatif murah harganya.
Hanya saja, sinar inframerah memiliki keterbatasan karena tidak mampu menembus
tembok atau benda gelap. Contoh paling sederhana penggunaan sinar inframerah
adalah remote control televisi.
Keuntungan menggunakan topologi star
adalah:
a.
infrastrukturnya relatif mudah dibangun
b. jika terjadi
kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara keseluruhan
tidak terganggu
c.
kesalahan atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan
topologi star adalah:
a.
pemakaian kabel
relatif lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus
b.
jika hub
rusak maka seluruh jaringan yang terhubung melewati hub tersebut akan terganggu
c.
biaya
pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.
BAB IV
MS-OFFICE
( MS-WORD,
EXCEL, POWERPOINT )
A.
Microsoft
Word
Microsoft
Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang biasa
digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat
label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen
lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word. Sebelum memulai
mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya jika kita mengenal beberapa istilah
yang akan dipakai dalam paket latihan ini. Di antaranya adalah istilah Screen
Layout (tampilan layar), Menu, dan Toolbar.
Screen Layout
atau tampilan layar, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya, merupakan sebuah
tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan program ini.
a. Memulai Mengoperasikan Microsoft Word
I. Membuka Microsoft Word
Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara ,
Untuk membuka Microsoft Word, ada beberapa cara ,
Diantaranya adalah :
1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
2. Pilih menu Program
2. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai
3. jendela program Microsoft Word ditampilkan.
1. Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
2. Pilih menu Program
2. Kemudian pilih dan klik program aplikasi Microsoft Word.Tunggu sampai
3. jendela program Microsoft Word ditampilkan.
II. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol New, kemudian klik tombol General.
2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
III. Membuka file yang sudah tesimpan
1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
1. Klik menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
IV. Menyimpan Dokumen
1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombolS ave.
3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klikS ave. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.
1. Segera setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menuFi l e, klik tombolS ave.
3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klikS ave. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.
V. Menutup File Dokumen
1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
1. Setelah menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menuFile, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2. Atau bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
VI. Menutup Jendela Microsoft Word
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
1. Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
3. Selain dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
b. Mengetik Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombol Enter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan.
Pada saat memulai program aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombol Enter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan.
c. Mengedit Teks
Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
d.
Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda salin.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda salin.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
3. Tempatkan titik sisip di lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
e.
Men-Delete / Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
f.
Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
g. Format
Teks
• Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
• Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
• Pilih atau sorot teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
• Tempatkan titik sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
h.
Mengubah Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
• Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
• Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
• Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
• Pilih dan klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
i. Mengubah
Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
• Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
• Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
• Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
• Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
j.
Mengatur Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
• Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
• Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
• Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
• Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
K.
Mencetak Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. Klik O K.
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. Klik O K.
L.
Mengakhiri Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di
antara cara-cara berikut ini :
1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4
1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4
B. Microsoft Excel
Microsoft excel adalah program aplikasi yang banyak
digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksikan, menganalisa, dan
mempresentasikan data. Disini kita akan banyak bersinggungan dengan
metode-metode pembuatan tabel dan grafik yang sangat dibutuhkan sekali dalam
penyusunan data-data sekolah, hasil-hasil penelitian, maupun dalam pembuatan
makalah pribadi.
Fungsi Microsoft Excel :
1. Kalkulasi, dengan program ini
kita bisa melakukan kalkulasi atau penghitungan dengan mudah, baik penghitungan
yang sederhana maupun dengan rumus – rumus yang sangat kompleks.
2. Grafik, dengan program ini kita
bisa mempresentasikan data kita dalam bentuk grafik yang komunikatif.
3. Komunikasi, dengan program ini
kita juga bisa berkomunikasi dengan pengguna (user) lain.Program ini sudah
dirancang untuk bisa saling bertukar informasi dalam bentuk jaringan dimana
orang lain bisa membuka lembar kerja kita dari terminal (komputer) yang
berlainan,bahkan ia juga bisa melakukan perubahan pada lembar kerja yang sama
pada saat yang bersamaan pula.
4. Internet,suatu saat mungkin kita akan mengirim data dalam
bentuk tabel atau grafik pada orang lain di tempat di seluruh dunia,Microsoft
Excel bisa melakukanya dengan baik sekali.
5. Otomatis, dengan Excel kita bisa menggunakan otomatisasi
penghitungan data yang kita ketikkan.Dengan perumusan yang benar,maka Excel
akan langsung melakukan perubahan secara otomatis terhadap data kita setiap
kali mengalami perubahan.
6. Aplikasi, Microsoft Excel dapat membantu kita merancang
aplikasi siap pakai,yaitu dengan fasilitas macro.
Cara Menggunakan Microsoft Excel
A. Menu dan icon pada Microsoft Excel
1. Judul
Menampilkan
judul program, dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
2. Office
Button
Berisi
barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar misalnya membuat
dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan mempublish dokumen.
3. Akses
Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat
akses
berkomunikasi
4. Toolbar
Merupakan
deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah
dan mengefisienkan pengoperasian program.
5. Help
Bila kita
ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada tempat tersebut Ms.Excel
akan memberikan alternatif jawaban terhadap pertanyaan yang dimaksud.
6. Lembar
Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak
insertion point dan tombol pengendali.
7. Cell
Cell Aktif
Penggulung vertical
8. Lembar
aktif
9. Nama
Range
10. Fungsi
11.
Penggulung
12. Nomor
Baris
13. Nomor
Kolom
Macam-macam
formula
1. =SUM(…)
Fungsinya : Untuk melakukan
penjumlahan
Bentuk
umum :
=SUM(range sel)
Contoh :
Misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5 sampai sel H15
Penulisan : =SUM(H5:H15)
2. =COUNT(…)
Fungsinya :
Untuk melakukan counter
Bentuk umum : =COUNT(range sel)
Contoh: Misalkan kita akan
menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15
Penulisan : =COUNT(B5:B15)
3. =MAX(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai
maksimum (terbesar)
Bentuk
umum :
=MAX(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menetukan
nilai terbesar dari sederetan
sel
yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MAX(F1:F17)
4. =MIN(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai
minimum (terkecil)
Bentuk
umum : =MIN(range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin menentukan
nilai terkecil dari sederetan sel yang berada di sel F1 sampai sel F17
Penulisan : =MIN(F1:F17)
5. =AVERAGE(…)
Fungsinya : Untuk mencari nilai
rata-rata
Bentuk
umum :
=AVERAGE (range sel)
Contoh : Misalkan kita ingin mengetahui
nilai rata-rata dari sel A11 sampai A17
Penulisan :=AVERAGE(A11:A17)
6. =ABS(…)
Fungsinya :
Untuk mengubah angka-angka yang ada dalam daftar argumennya
menjadi
bilangan mutlak (absolut)
Bentuk
umum :
=ABS(range sel)
Contoh : Misalkan kita bermaksud mengetahui
secara mutlak dari sel yang kita aktifkan,
misal
di sel F17
Penulisan : =ABS(F17)
7. =SQRT(…)
Fungsinya :
Untuk menghitung akar dari bilangan X. Bilangan X tidak boleh
negatif
Bentuk
umum :
=SQRT(range sel)
Penulisan : = SQRT(25)
8. =IF(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengecek apakah nilai yang kita gunakan sebagai kunci benar
Atau
salah (memenuhi syarat atau tidak)
Bentuk
umum :
=IF(logical_test ; Value_if_true ; Value_if_false)
Contoh : Misalkan kita akan membandingkan
nilai di suatu sel yang berada di sel F17, tentang kriteria siswa dinyatakan
lulus atau gagal dengan ketentuan sbb.Jika nilai rata-rata siswa lebih
besar sama dengan 60, maka siswa dinyatakan LULUS, dan sebaliknya.
Penulisan :
=IF(F17>=60:”LULUS”;”GAGAL”)
artinya
jika kolom F17 lebih besar sama dengan 60, maka LULUS, jika kurang dari 60,
maka
GAGAL
Keterangan :
Jika
kondisi di sel F17 terpenuhi, maak kerjakan Value_if_true, jika kondisi
di sel F17
tidak
terpenuhi, maka kerjakan Value_if_false
9. =DATE(Year,Month,Date)
Fungsinya : Untuk menghitung jumlah
hari
Contoh : =DATE(73,8,11) Ã 26887 hari
10. =VLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara vertikal
Bentuk
umum :
=VLOOKUP(lookup_value; table_array; Col_index_num; Range_lookup)
11. =HLOOKUP
Fungsinya :
Untuk pembacaan suatu tabel secara horizontal
Bentuk
umum :=HLOOKUP(lookup_value;
table_array; Col_index_num;
Range_lookup)
12. =LEFT(…;…)
Fungsinya : Untuk mengambil teks sejumlah karakter
tertentu dari sebuah kiri
Bentuk
umum :=LEFT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter
yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan : =LEFT(F17;3) Ã
hasilnya Feb
13. =RIGHT(…;…)
Fungsinya :Untuk mengambil teks sejumlah karakter
tertentu dari sebuah kanan
Bentuk
umum :=RIGHT(teks;jumlah karakter yang
diambil)
Contoh :Misal kita akan mengambil karakter
yang ada di sel F17 (Februari) sebanyak 3 huruf
Penulisan :=RIGHT(F17;3) Ã
hasilnya ari
14. =MID(…;…;…)
Fungsinya :
Untuk mengambil teks dari kedudukan tertentu dengan sejumlah
Karakter
tertentu
Bentuk
umum :=MID(teks;start_number;
number_char)
Contoh : Misal kita akan mengambil karakter
baru yang ada di sel F17 (Februari)
Penulisan : =MID(F17:3:3)
C. Microsoft PowerPoint
A.
Definisi Microsoft Power Point
Microsoft
Power Point adalah salah satu program presentasi yang popular pada saat ini.
Seiring dengan perkembangan computer sebagai sabuah perangkat multimedia,
presentasi bisa dirancang dengan computer. Dengan Ms. Power Point masyarakat
bisa membuat dan merancang sebuah presentasi dengan menarik.
B.
Sejarah
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan
oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin
sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought,
Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan
komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih
menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk
transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru
dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul
ke pasaran.
Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja
perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada
tanggal 31 Juli 1987.
Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari
PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejakMicrosoft Windows 3.0.
Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak
terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali
Basic Edition).
C.
Menu Ms Power Point
Di
Ms. Power Point ada menu-menu yang dapat digunakan untuk mempercantik dan
membuat presentasi se indah dan semenraik mungkin, sehingga para pembac atau
para pendengar presentasi tidak jenuh, dan semangat memperhatikan
presentasinya. Menu-menu itu yaitu:
1. Menu File
Berisi daftar perintah yang dapat dimanfaatkan untuk pengolahan
file slide yang sedang dikerjakan ataupun yang akan dikerjakan. Menu-menu itu
diantaranya, menyimpan file, membuka file, membuat file presentasi yang baru,
keluar dari powerpoint, mencetak slide, menentukan setting slide, dan
lain-lain.
2. Menu Edit
Menu ini digunakan untuk proses penyuntingan sebuah slide.
Menu yang ada di Menu Edit ini diantaranya:
a.
Undo
(membatalkan aksi terakhir)
b.
Cut
(memotong bagian slide)
c.
Copy
(menyalin bagian slide)
d.
Paste
(memasang/ menempelkan bagian slide yang sudah di copy)
e.
Clear
(menghapus isi slide)
3. Menu View
Menu ini digunakan untuk menentukan mode tampilan dari
lingkungan kerja Power Point. Menu ini juga dapat menampilkan atau
menyembunyikan beberapa perangat kerja Power Point
Beberpa menu di menu view ini yaitu:
a. Normal (mode tampilan normal)
b. Slide sorter (mode tampilan slide
sorter)
c. Colour (menentukan warna presentasi)
d. Toolbar (menampilkan toolbar yang
akan di tampilkan)
e. Zoom (memperbesar atau memperkecil
tampilan)
4. Menu
Insert
Menu ini digunakan untuk menyisipkan objek atau fitur
tertentu kedalam slide. Daftar item dalam menu insert diantaranya:
a. New slide (menyisipkan slide baru)
b. Slide number (menyisipkan nomor
slide)
c. Comment (menyisipkan komentar)
d. Picture (menyisipkan gambar)
e. Diagram (menyisipkan diagram)
f. Table (menyisipkan table kedalam
slide)
5. Menu
Format
Di Ms Power point, Menu Format ini digunakan untuk mengatur
format atau Layout dari slide atau presentasi yang sedang dikerjakan.menu itrm
dari menu format ini diantaranya adalah:
a. Font (menentukan jenis huruf)
b. Bullet and Numbering (membuat daftar
angka dan daftar peluru)
c. Slide Layout (menentukan tata letak
slide
d. Slide Design 9menentukan desain
slide))
e. Line Spacing (menentukan jarak spasi
antar baris)
f. Background (menentukan latarbelakan
objek-objek slide)
6. Menu
Tools
Menu ini berisi perangkat-perangkat bantu, baik berhubungan
dengan pengolahan rian melalui slide maupun menata lingkungan kerja Power
Point. Daftar menu item di menu tools ini diantaranya:
a. Spelling (mengaktifkan fitur pemeriksa
ejaan)
b. Research (mengaktikan fitur
pencarian melalui internet)
c. Language ( menentukan bahasa yang
digunakan pada presentasi)
d. Online collaboration (bekerjasama
secara Online)
e. Customize (manajemen toolbar dan
perintah-perintah tertentu)
f. Option (manajemen lingkungan kerja
Power Point)
7. Menu
Slide Show
Menu slide show ini digunkan untuk tampilan mode slide show.
Daftar item yang ada dalam menu slide show ini diantaranya:
a. View Show (mengaktifkan mode slide
show).
b. Set Up Show (pengaturan setting mode
slide show)
c. Record Narration (merekam narasi
untuk sebuah presentasi)
d. Action Button (menyisipkan tombol
aksi kedalam slide)
e. Action Setting (menentukan aksi yang
dipicu tindakan tertentu terhadap slide)
f. Custom Animation (menentukan bentuk
animasi sendiri)
g. Hide Slide (menyembunyikan slide)
h. Custom Show (menentukan urutan
tampilan slide)
8. Menu
Window
Menu ini dapat digunakan untuk mengatur jendela kerja Power
Point. Daftar item yang ada di menu window ini diantaranya:
a. New Window (membuka slide pada
jendela baru)
b. Arrange All (menata semua jendela
agar dapat diantarkan layar)
c. Cascade (menampilkan pada slide
dalam bentuk cascade)
9. Menu Help
Di dalam menu ini, berisi fasilitas bantuan dari aplikasi
Power Point termasuk Office Assistant. Menu item di menu help ini diantaranya:
a. Ms Power Point Help (fasilitas
bantuan untuk aplikasi Power Point)
b. Show / hide the Office Assistant
(menampilkan atau menyembunyikan karakter Office Assistant.
c. Ms Office Online (membuka koneksi ke
internet menuju ke Microsoft Office Online
d. Contact Us (informasi untuk
menghubungi Microsoft)
e. Check for Updates (memeriksa update
dari Microsoft)
f. Activate Product (mengaktifasi
produk Microsoft Office)
D.
Toolbar Ms Power Point
Toolbar
pada dasarnya merupakan tombol untuk mempersingkat pengaktifan perangkat bantu
daripada mengaksesnya menggunakan menu. Misalnya kita ingin menyimpan dokumen,
maka jika menggunakan menu, kita harus mengakses menu File kemudian di item
Save, tetapi dngn toolbar, kita cukup mengklik tombol bergambar disket.
Kelompok
toolbar:
a.
Standard,
berisi tombol-tombol yang digunakan untuk aktifitas penyuntingan
b.
Formtting,
berisi tombol-tombol yang digunakan untuk format dokumen
c.
Control
Toolbox, berisi control-kontrol masukkan seperti text box
d.
Drawing,
berisi kontrol-kontrol untuk menggambar.
e.
Outlining,
berisi tombol-tombol mengatur outlining
f.
Picture,
berisi tombol-tombol mengatur tata letak gambar
g.
Reviewing,
berisi tombortl-tombol berhubungan pelacakan dokumen
h.
Revisions,
menampilkan panel yang berisi pelacakan erhadap perubahan yang dilakukan pada
slide.
i.
Table
and Borders, berisi tombol-tombol mengatur tata letak tabel
j.
Task
Pane, menmpilkan atau menyembunyikan Task Pane
k.
Web,
berisi kontrol-kontrol web browser
l.
WordArt,
berisi tombol-tombol mengaktifkan firtur wordart
Presentasi
Sederhana
A.
Mengakses program Ms. Power Point
Dalam
mengakses Microsoft power point ini bisa menggunakan cara yang berbeda. Ada 3
cara untuk mengaksesnya :
1. Dengan
menklik tombol start, lalu mengklik tombol program, lalu klik Microsoft Office,
kemudian klik Microsoft Office Power point.
2. Klik icon
shortcut Power point yang ada di desktop computer/laptop kita
3. Mengklik
salah satu document Power Point yang ada di laptop/computer.
B.
Membuka File Presentasi
1. Setelah
membuka Microsoft Power Pointnya, klik File, lalu klik Open atau menekan tombol
pada keyboard CTRL + O
2. Pilih dan
Klik look in
3. Cari
letak dokumen presentasi yang akan dibuka
4. Pada File
Name ketikan nama file yang di inginkan
5. Klik
open.
C.
Memilih Bentuk Huruf
Cara
memilih huruf dalam Ms Power Point
1. Blok teks
yang akan di edit
2. Klik
format, klik font
3. Editlah
sesuai dengan keinginan
4. Klik ok
D.
Background Objek Teks
1. Klik
view, klik slide/ klik tombol tampilan slide view
2. Pilihlah
slide yang diinginkan
3. Untuk
motif belakang, klik format, klik color & lines
4. Pilih
color, klik fill effects
5. Pilihlah
warna yang diinginkan
Untuk mendapatkan gambar atao foto yang diinginkan, harus
menyimpan foto atau gambar ru terlebih dulu di suatu folder, setelah itu cari
letak dan buka folder berisi gambar atau foto itu.
E.
Menyisipkan Objek, Audio dan Video pada Presentasi, mengatur efek dan
transisi
a.
Menyisipkan Objek
Untuk menyisipkan objek gambar (clipart/picture), dapat
dilakukan dengan cara:
1. Melalui
kotak dialog New Slide, klik text & clipart
2. Melalui
menu insert klik clipart
3.
Melaluiicon Insert picture Clip Art yang ada pada toolbar Drawing yang ada
dibawah
4. Kemudian
pilih gambar yang diinginkan
b. Audio
& Video
Untuk memberikan efek audio dan video dalam Ms Power point:
1. Buet
terlebih dahulu menu dalam slide sebagai petunjuk nafigasi
2. Blok
salah satu petunjuk nafigasi
3. Klik
kanan mouse pada dalam daerah yang telah di blok
4. Pilih
icon Action Setting..
5. Klik
Hyperlink to..
6. Pilih
other file..
7. Cari
folder dimana film itu didimpan.
8. Klik ok.
Presentasi
Bernavigasi
A. Mengabungkan Dokumen Presentasi Hyperlink
Jika kita punya atau telah membuat beberapa slide presentasi
dan kita akan menggabungkannya untuk empermudah cara [enyampaian presentasi di
perlukan suatu nafigasi yang baik.
Penggabungan beberapa slide/ beberpa document yang sama /
berbeda dapat dilakukan dengan cara:
1. Klik
slide show
2. Pilih
Action Button
3. Pilihlah
bentuk Action Button yang sesuai dengan kebutuhan
4. Jika
berukpa teks, teks tersebut di blok terebih dulu lalu klik kanan
pilih Action Settings
5. Pilih
Hyperlink to..
6. Jika yang
akan ditampilkan berupa slide, pilih slide
7. Jika yang akan ditampilkan berupa
file yang berbeda, klik Other file, cari folder letak dari file/dokumen yang
akan diaktifkan, setelah itu klik Ok
8. Jika
ingin mengakhiri tampilan dari program presentasi pada Hyperlink to..
pilih dan klik End Show.
B. Mengatur Urutan Slide
Agar kite dapat mempermudah pengeditan, menambahkan animasi,
dan mendapatkan suatu program presentasi, maka urutan slide yang baik dalam
program presentasi sangat diperlukan.
Mengurutkan slide dengan cara:
1. Klik
gambar slide yang akan dipindahkan (urutkan) pada sebelah kiri pada lembar
kerja Power Point.
2. Di drag
(menggeser mouse tanpa melepas klik atau tetap di tekan sampai pada tempat
dimana slide akan dipindahkan) ke tempat yang diinginkan.
C. Tabel
Kita dapat membuat tabel dengan beberapa cara melalui kotak
dialog New Slide, Tool bar standars atau menu insert.
Cara membuat tabel:
1. Aktifkan
file presentasi yang ingin disisipkan tabel
2. Klik
insert, klik Table
3. Atau klik
pada format, lalu klik Slide Layout,
4. Pilih
tabel
D. Grafik
Membuat grafik dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Klik
format,
2. Pilih dan
klik Slide Layout yang diinginkan
3. Klik
double klik pada tanda chart di tengah slide
4. Klik
insert
5. Pilih dan
klik chart
6. Pilih
grafiknya dan masukan datanya
E. Diagram
Langkah-langkah memasukkan diagram ke Microsoft power Point:
1. Klik
insert, pilih dan klik Slide Layout
2. Pilih
Slide Layoutyang diinginkan
3. Klik
insert, klik diagram
4. Pilih dan
klik diagram yang mana yang diingikan
5. Klik
insert shape, pilih yang diinginkan
6. Pilih
layout diagram yang diinginkan
7. Pilih
design diagramnya
8. Input
data-datanya ke diagram
Menggabungkan
data lain dan membuat paket dan cetakan presentasi
A. Mencetak slide
1. Pengaturan Slide format
percetakan
Sebelum
melakukan percetakan ada beberpa hal yang perlu dilakukan, seperti:
·
Menentukan
ukuran slide yang sesuai dengan jenis media percetakan.
·
Member
nomor pada slide
·
Oriendasi
percetakan (landscape atau portrait)
·
Prosedur
yang harus dikerjakan:
o
Tampilkan
file presentasi dalam tampilan slide show
o
Klik
menu file lalu klik page up
1.
Klik
panah bawah pada kotak Slides sized For..:
-
On
screen show, menentukan ukuran slide yang dicetak seperti tampilan pada layar
-
Letter
paper (8,5x11inc),
-
A4
paper (210x297mm)
-
35mm
-
Custom
2.
Pilih
dan klik yang diinginkan
3.
Tentukan
tinggi lebarnya slide pembagian width dan height
4.
Tentukan
nomor awal halaman slide yang akan dicetak pada bagian Number Slides for
5.
Klik
pilihan orientasi pencetakan slide pada bagian slides
6.
Klik
pilihan orientasi pencetakan catatan (notes), handouts, dan outline pada bagian
Notes, Handouts & Outline
9. Klik ok
untuk konfirmasi
2. Pencetakan Slide ke Printer
Setelah melakukan format slide yang akan dicetak, sekarang
dapat mencetak melalui printer.:
§ Aktifkan file presentasi yang akan
di print
§ Klik menu file lalu pilih Print
§ Klik panah bawah bagian printer
untuk memilih jenis printer
§ Tentukan halaman yang akan dicetak
pada bagian Print Range:
· All
· Current slide
· Slide
§ Klik panah atas atau bawah untuk menentukan
jumlah salinan cetakan yang diinginkan.
§ Klik panah bawah pada bagian Print
What untuk menentukan yang akan dicetak
§ Tentukan pilihan pencetakan yang
lain
§ Klik ok.
3. Mencetak beberapa slides dalam
satu halaman
·
Aktifkan
file presentasi yang akan dicetak
·
Klik
menu File, lalu pilih Print (CTRL – P)
·
Tentukan
nama printer pada bagian Printer Name
·
Klik
all pada Print Range
·
Klik
tombol panah bawah pada print what, lalu pilih handsout
·
Klik
tombol panah bawah pada slide perpage untuk menentukan jumlah slide setiap
halaman tercetak
·
Klik
ok untuk konfirmasi
·
Pencetakan
slide maksimal dalam satu halaman sebanyak 9 slide, sesuai dengan format yang
diberikan kotak slide perpage hanya satu digit.
0 komentar: