Keperawatan Dasar 2

Untuk Lihat Materinya, di Klik saja ya Mace, Pace, Kaka, Ade pada bagian materinya




NO.
MATERI Yang Berhubungan



KOMPETENSI BLOK
BAHAN KAJIAN
1
Mengidentifikasi teori dan model konseptual keperawatan
1.      Pengertian konsep, teori, model dan karakteristik dasar teori keperawatan. Gambaran model konseptual dari:
a.       Florence Nightingale
b.      Virginia Handerson
c.       Sister Callista Roy
d.      Hildegrad E. Peplau
e.       Dorothy E. Johnson
f.       Josephine E. Paterson dan Loretta T. Zderad
g.      Imogene M. King
h.      Martha E. Rogers
i.        Newman
j.        Parsel
k.      Fitspatrick
l.        Betty Neuman
m.    Myra Estrin Lenvine
n.      Ida Jean Orlando
2.      Hubungan antara model konseptual keperawatan dan proses keperawatan Kerangka kerja model konseptual keperawatan dari:
a.       Virginia Handerson
b.      Sister Callista Roy
c.       Imogene M. King
d.      Martha E. Rogers
e.       Dorothea E. Orem
f.       Jean Watson
g.      Myra Estrin Lenvine
h.      Newman
i.        Dorothy E. Johnson
j.        Cnats
3.      Aplikasi model konseptual keperawatan dari:
a.       Model konseptual Virginia Henderson
b.      Model konseptual Jean Watson
c.       Model konseptual Sister Callista Roy
d.      Model konseptual Faye Glenn Abdellah
e.       Model konseptual Hildegrad E. Peplau
f.       Model konseptual Myra Estrin Levine
g.      Model konseptual Gordon
2
Mengidentifikasi konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia dan hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang manusia.
Teori pertumbuhan dan perkembangan
Prinsip pertumbuhan dan perkembangan
Tahap pertumbuhan dan perkembangan
Faktor utama yang mempengaruhi tumbang
Teori pertumbuhan manusia
Tahap konsepsi hingga prasekolah
Usia sekolah sampai remaja
Masa dewasa awal dan dewasa tengah
Lansia
Hal-hal yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan:
Stres dan adaptasi
Konsep diri
Koping terhadap kehilangan, kematian dan dukacita
3
Mengidentifikasi  prinsip komunikasi terapeutik sesuai dengan konsep tumbuh kembang, serta mempraktikkan komunikasi terapeutik
1.      Konsep umum komunikasi
a.       Pengertian komunikasi
b.      Komponen komunikasi
c.       Tingkat hubungan komunikasi
d.      Bentuk komunikasi
e.       Peningkatan kesadaran diri: latihan Johari window dan identifikasi perasaan
2.      Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi komunikasi.
a.       Perkembangan
b.      Persepsi
c.       Nilai
d.      Emosi
e.       Latar belakang sosiokultural
f.       Jenis kelamin
g.      Pengetahuan
h.      Peran dan hubungan
i.        Lingkungan
j.        Jarak
3.      Komunikasi terapeutik dalam keperawatan.
a.       Pengertian terapeutik
b.      Pentingnya menjadi terapeutik
c.       Arti komunikasi bagi perawat menurut Stuart and Sundeen
d.      Manfaat menjadi perawat yang terapeutik
e.       Bagaimana agar menjadi perawat yang terapeutik
f.       Teknik komunikasi terapeutik
g.      Tahap komunikasi terapeutik
h.      Dimensi respon
1)      Kesejatian
2)      Respek/hormat
3)      Empati
4)      Konkret
i.        Dimensi tindakan
1)      Konfrontasi
2)      Kesegeraan
3)      Membuka diri
4)      Katarsis
5)      Bermain peran



j.        Kebuntuan terapeutik (Terapeutik Impasses)
1)      Resistence
2)      Transference
3)      Countertransference
4)      Boundary violations (Pelanggaran batas)
k.      Komunikasi pada anak
1)      Karakteristik infant dan cara berkomunikasi dengan anak usia infant
2)      Karakteristik early childhood dan cara berkomunikasi dengan anak usia early childhood
3)      Karakteristik anak usia sekolah dan cara berkomunikasi dengan anak usia sekolah
4)      Karakteristik remaja dan cara berkomunikasi dengan anak usia remaja
l.        Komunikasi pada lanjut usia
Karakteristik lanjut usia dan cara berkomunikasi dengan lanjut usia
m.    Komunikasi pada klien dengan gangguan sensori dan motorik
1)      Gangguan senssori
2)      Cara berkomunikasi dengan klien gangguan sensori
3)      Gangguan motorik
4)      Cara berkomunikasi dengan klien gangguan motorik.


0 komentar: